Selasa, 07 Februari 2012


Karya sastra adalah satu perwujudan realitas kehidupan masyarakat beserta liku – likunya yang dituangkan pengarang sebagai pengamat social dalam bentuk sebuah karya yang kreatif dan imajinatif (Mukmin, 2008:1)
Karya sastra juga merupakan media bagi pengarang untuk mengungkapkan ide, perasaan, semangat, keyakinan. Sumardjo dan Saini (1988:3), mengemukakan bahwa sastra adalah ungkapan pribadi manusia  yang berupa pengalaman, pemikikran, perasaan, ide, semangat, keyakinan dalam suatu bentuk gambaran konkretyang membangkitkan pesona dengan alat bahasa.
Pendapat yang sama diungkapkan juga oleh Semi (1990:3) bahwa, karya sastra selalu berkaitan dengan alam pemikiran manusia dan kreatifitas manusia dan seni, harus dipahami bahwa manusia mempunyai karakteristik yaitu disamping tumbuh (dan mundur) secara fisik juga  mempunyai kebutuhan secara intelektual, emosional, social, dan spiritual. Manusia mempunyai pikiran kemampuan bernalar dan menggunakan simbol – simbol untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan.
Dengan demikian, karya  sastra termasuk novel, dapat dijadikan sebagai salah satu sarana untuk mengenal manusia dan kehidupannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar