Rabu, 11 April 2012

PENGERTIAN AHLUSSUNNAH WALJAMA'AH

Ahlussunnah berasal dari bahasa Arab yakni ahlun artinya keluarga, family. Sunnah artinya jalan, tabi'at, perilaku kehidupan. Jama'ah artinya perkumpulan.
Sedang pengertian menurut istilah yaitu Ahlussunnah artinya penganut sunnah Nabi s.a.w. dan Al-Jama'ah berarti penganut i'tiqat sahabat-sahabat Nabi s.a.w. Jadi Ahlussunah waljama'ah ialah kaum yang menganut i'tiqat dan amaliah Nabi s.a.w dan sahabat-sahabat beliau.
Imam Abu Hasan Al-Asy'ari merumuskan i'tiqat Nabi s.a.w dan para sahabat ke dalam sebuah kitab Tauhid yang menjadi pedoman bagi kaum Ahlussunnah waljama'ah.. Oleh karena itu, Ahlussunnah sering disebut juga kaum Asy'ariah.
Selain Imam Abu Hasan Al-Asy'ari ada juga ulama besar sebagai pelopor aliran Ahlussunah waljama'ah yaitu Abu Mansur Al-Maturidi yaitu salah seorang murid dari Imam Abu Hasan Al-Asy'ari. 
Imam Az Zabidi dalam kitabnya It-Tihaf Sadatul Muttaqin mengatakan :
"Apabila disebut kaum Ahlussunnah waljama'ah maka maksudnya ialah orang-orang yang mengikuti rumusan Asy'ari dan faham Al-Maturidi".
Dalam bidang furu'iyah (fiqih) ada empat Madzhab yang diakui ijtihatnya oleh umat Islam. Termasuk kaum Ahlussunnah waljama'ah adalah penganut salah satu Madzhab empat tersebut yaitu : Imam Hanafi, Imam Maliki, Imam Syafi'i dan Imam Hambali.
Dari uraian di atas, maka bisa diambil kesimpulan bahwa pengertian Ahlussunnah waljama'ah adalah golongan umat Islam yang dalam bidang Tauhid mengikuti ajaran Imam Abu Hasan Al-Asy'ari dan Imam Al-Maturidi, sedang dalam fiqih menganut salah satu madzhab empat.
Demikianlah pengertian Ahlussunnah waljama'ah secara singkat.

Sumber : Abdul Aziz RS. Konsepsi Ahlussunnah waljama'ah Dalam Bidang Aqidah dan Syari'ah. Batang : CV. BAHAGIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar