Sabtu, 28 April 2012

PERENCANAAN PEMBELAJARAN


FUNGSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1.      Untuk mengukur keberhasilan belajar siswa
2.      Untuk mengukur keberhasilan aktivitas pembelajaran
3.      Titik tolak/ dasar memperbaiki pembelajaran atau mengembangkan efektifitas pembelajaran

PENDEKATANA SISTEM DALAM PEMBELAJARAN
A.     PENGERTIAN
1)      Pendidikan / approud
Cara memulai untuk melakukan serangkaian  kesatuan kegiatan untuk mencapai tujuan
2)      Sistem
Suatu keseluruhan yang terdiri dari bagian-bagian yang saling berkaitan sehingga menjadi suatu kesatuan yang benar
B.      CIRI-CIRI SISTEM
1)      Mempunyai tujuan yang harus dicapai (indikator)/ target
2)      Memiliki komponen-komponen/bagian-bagian yang berfungsi secara efektif
3)      Ada interaksi secara korelatif (hubungan) positif antara komponen
4)      Ada penggabungan antara komponen sehingga membentuk keterpaduan
5)      Ada penilaian, untuk mengukur kemampuan keberhasilan, control guna memperbaiki kekurangan pembelajaran
C.      APLIKASI / PENYERAPAN
1)      Khotmen; mengajukan model dengan manajemen pendidikan
a)      Identifikasi prioritas kebutuhan dan masalah yang terkait
Contoh : pengajaran PAI di SMA dan SMK berbeda
b)      Menempatkan persyaratan dalam memecahkan masalah dengan berbagai alternatif yang tersedia
c)      Menerapkan strategi pemecahan masalah
d)      Melaksanakan strategi yang telah dipilih/ditetapkan
e)      Penilaian hasil kerja / pembelajaran berdasarkan kebutuhan dan masalah yang ditetapkan
f)       Perbaikan sebagaian atau keseluruhan

Untuk melakukan hal-hal tersebut di atas maka guru harus melakukan kegiatan sebagai berikut :
? Guru mengumpulkan data / keemahan pembelajaran dan menganalisanya
? Perhatian guru tertuju pada tujuan pembelajaran
? Penyimpulan dan melaksanakan

2)      Jams Fian; mengajukan model pembelajaran dengan mengkombinasikan secara unik dan hubungan interaktif antara komponen. Dengan model pelaksanaan sebagai berikut :
? Presentasi masa : guru mempresentasikan pelajaran umum
? Pembelajaran individual secara otomatis. Ada tanya jawab, tes dan hasilnya dievaluasi.
? Melakukan asimilasi (pencampuran) antara pembelajaran individual dan masal
? Study individual siswa
? Melakukan evaluasi / ujian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar