Sabtu, 28 April 2012

POLA INSTRAKSIONAL DAN PENGEMBANGAN SISTEM INSTRAKSIONAL


A.     POLA INSTRAKSIONAL
Adalah bentuk instraksional / pembelajaran yang pernah berlangsung dalam sejarah perkembangannya.
1.      Pola konvensional / kuno
Pada pola ini guru menjadi satu-satunya sumber belajar (one book teaching). Pada pola ini guru mengendalikan sepenuhnya pada proses instraksional / pembelajaran.
2.      Suatu pola pembelajaran / instraksiona dimana guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber belajar, namun peran media, alat pembelajaran telah menjadi sumber belajar alternatif.
3.      Suatu pola instraksional dimana guru tidak perlu lagi hadir secara langsung di ruang kelas namun cukup dengan media seperti modul yang telah distandarisasi menurut struktur pembelajaran yang lazim berlaku (Sistem Belajar Jarak Jauh /SBJJ)
4.      Suatu pola instraksional dimana siswa menciptakan sendiri pola pembelajarannya berdasarkan standarisasi kurikulm yang masih berlaku. Pola ini hanya bisa berlangsung bagi peserta didik yang telah memiliki kesadaran dan disiplin tinggi untuk mencapai tujuan belajar.

B.      PENGEMBANGAN SISTEM INSTRAKSIONAL
Suatu cara yang ditempuh untuk menciptakan sistem instraksional yang meliputi materi, strategi, metode dalam rangka mencapai tujuan belajar. Hasilnya belajar instraksional adalah terciptanya serangkaian langkah rancangan yang dikembangkan secara empiris dalam kegiatan instraksional guna mencapai tujuan belajar.

C.      UNSUR-UNSUR PENGEMBANGAN SISTEM INSTRAKSIONAL
1.      Tujuan pembelajaran
2.      Materi pengajaran
3.      Strategi pembelajaran
4.      Metode pembelajaran
5.      Evaluasi pembelajaran

D.     FUNGSI PENGEMBANGAN SISTEM INSTRAKSIONAL
Sebagai panduan dalam mengembangkan / melaksanakan pembelajaran secara factual / empiris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar