A. POLA INSTRAKSIONAL
Adalah bentuk instraksional /
pembelajaran yang pernah berlangsung dalam sejarah perkembangannya.
1. Pola konvensional / kuno
Pada pola ini guru menjadi
satu-satunya sumber belajar (one book teaching). Pada pola ini guru
mengendalikan sepenuhnya pada proses instraksional / pembelajaran.
2. Suatu pola pembelajaran /
instraksiona dimana guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber belajar, namun
peran media, alat pembelajaran telah menjadi sumber belajar alternatif.
3. Suatu pola instraksional dimana guru
tidak perlu lagi hadir secara langsung di ruang kelas namun cukup dengan media
seperti modul yang telah distandarisasi menurut struktur pembelajaran yang
lazim berlaku (Sistem Belajar Jarak Jauh /SBJJ)
4. Suatu pola instraksional dimana siswa
menciptakan sendiri pola pembelajarannya berdasarkan standarisasi kurikulm yang
masih berlaku. Pola ini hanya bisa berlangsung bagi peserta didik yang telah
memiliki kesadaran dan disiplin tinggi untuk mencapai tujuan belajar.
B.
PENGEMBANGAN SISTEM INSTRAKSIONAL
Suatu cara yang ditempuh untuk
menciptakan sistem instraksional yang meliputi materi, strategi, metode dalam
rangka mencapai tujuan belajar. Hasilnya belajar instraksional adalah
terciptanya serangkaian langkah rancangan yang dikembangkan secara empiris
dalam kegiatan instraksional guna mencapai tujuan belajar.
C.
UNSUR-UNSUR PENGEMBANGAN SISTEM INSTRAKSIONAL
1. Tujuan pembelajaran
2. Materi pengajaran
3. Strategi pembelajaran
4. Metode pembelajaran
5. Evaluasi pembelajaran
D. FUNGSI PENGEMBANGAN SISTEM
INSTRAKSIONAL
Sebagai panduan dalam mengembangkan /
melaksanakan pembelajaran secara factual / empiris
Tidak ada komentar:
Posting Komentar